Jul

14

Cara dan Persyaratan Membuat KTP Sementara

Posted by : Joko Warsito | On : 14 July 2017

KTP adalah indentitas penting untuk masyarakat indonesia, malah KTP sama fungsi nya STNK motor, jika anda belum memiliki E-KTP sama saja seperti kendaraan yang tak memiliki STNK, alangkah baik nya anda segera membuat e-ktp di kecamatan daerah anda.

Pengganti E-KTP Sementara, Boleh Pakai Surat Keterangan. Pemerintah Pusat menyampaikan secara resmi, ketersediaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) per tanggal 1 Oktober 2016 telah habis.

Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) menegaskan, bagi penduduk yang telah melakukan perekaman KTP- El, tetapi belum mendapatkan fisik KTP El, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang ada di Kabupaten/Kota bisa menerbitkan surat keterangan sebagai pengganti KTP El.

Surat Keterangan ini nantinya akan menerangkan bahwa penduduk tersebut benar-benar sudah melakukan perekaman KTP El dan telah terdata dalam database kependudukan Kabupaten/Kota tersebut, dan berlaku layaknya KTP-el sejak diterbitkannya SE Menteri Dalam Negeri Nomor 471.13/10231/DUKCAPIL tertanggal 29 September 2016 dan Nomor 471.13/11691/DUKCAPIL tertanggal 3 November 2016.

Keterbatasan kesediaan blanko KTP El, terjadi disejumlah Kabupaten di Indonesia. Saat ini sudah sekitar beberapa bulan lalu, kelangkaan blanko menjadi masalah baru bagi sebagian orang yang ingin beraktivitas menggunakan KTP.

Namun berdasarkan Surat Edaran Mendagri Nomor : 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016 perihal : Percepatan KTP el dan Akta Kelahiran, khususnya yang berkaitan dengan penerbitan KTP el, kini Surat Keterangan bisa di pakai sebagai pengganti KTP el sementara dan memiliki fungsi yang sama.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil disetiap Kabupaten mengungkapkan, saat ini Surat Keterangan pengganti KTP el, memiliki fungsi yang sama, seperti untuk kepentingan pemilihan umum (Pemilu), perbankan, imigrasi, kepolisian, asuransi, pernikahan dan kebutuhan lainnya.

Lebih lanjut lagi bahwa sebagian masyarakat di Indonesia memang mengeluhkan ketersediaan blanko yang memang telah habis dari pemerintah pusat sebagai pemiliki kewenangan untuk penerbitan KTP el.

Sampai saat ini blangko KTP-el belum tersedia sampai sekitar pertengahan 2017. Selama KTP-el belum diterima, maka pertugas akan memberikan surat keterangan. Surat keterangan tersebut dikeluarkan saat setelah perekaman atau pengurusan KTP-el tersebut dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*